Ads (728x90)



DEWAN PIMPINAN DAERAH

LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA
KABUPATEN PASURUAN
Selamat Datang Di Website Resmi DPD LDII Kabupaten Pasuruan


1. Jangan dekatkan dengan minuman maupun cairan dengan laptop, jika sampai tumpah ke laptop maka dapat menyebabkan komponen di dalamnya konsleting.

2. Jangan meletakkan laptop dekat dengan sumber medan magnet, misalnya TV, Speacker Active, Radio Tape atau ponsel. Medan magnet akan mempengaruhi komponen laptop terutama harddisknya.

3. Jika membawa laptop agar dimasukkan ke tas khusus. Tas laptop dibuat sedemikian rupa sehingga casing laptop tidak mudah tergores dengan benda di sekitarnya atau bahkan dapat meredam guncangan-guncangan kecil. Kalau perlu secara berkala
bersihkan casingnya dengan kain/lap yang dapat dibeli di toko-toko komputer.

4. Jangan memindahkan laptop pada saat masih hidup. Laptop yang sedang hidup berarti harddisknya juga sedang bekerja sehingga apabila digerakkan dapat menyebabkan head harddisk menggores cylinder sehingga akan berakibat fatal.

5. Gunakan stavolt atau stabilizer. Apabila menggunakan listrik langsung, pastikan menggunakan stavolt/stabilizer atau UPS untuk mengantisipasi naik turunnya
tegangan listrik.

6. Letakkan laptop pada posisi mendatar jangan miring. Selain kurang ergonomis juga menyebabkan posisi harddisk tidak pada posisi yang benar.

7. Shutdown dengan benar. Jika memungkinkan, jangan sekali-kali mematikan laptop dengan melepaskan power/baterainya. Power listrik yang mendadak mati dapat menyebabkan harddisk bermasalah.

8. Simpan di tempat dengan suhu yang tidak terlalu ekstrim. Jangan sekali-kali
meninggalkan laptop di mobil yang sedang parkir di tempat yang panas atau mesin mobil dalam keadaan hidup.

9. Jangan meletakkan laptop di permukaan yang empuk, sehingga laptop kelihatan tenggelam yang dapat membuat laptop lebih cepat panas. Hindari juga meletakan notebook ditempat yang kotor atau berdebu, karena kipas pendingin notebook yang berada dibagian bawah, cenderung untuk menghisap udara dari luar untuk
mendinginkan laptop.

10. Bersihkan layar LCD dengan kain lembut dan kering. Usap dengan pelan, jangan menekan terlalu keras dan satu arah saja, misalnya dari kiri ke kanan. Jangan sampai menyentuhnya dengan jari yg basah atau menggunakan alat apalagi menekan dengan keras.

11. Bersihkan keyboard dengan vacuum cleaner atau menyemprotkan udara yang tidak terlalu keras di sela-sela tombol. Jangan mengetuk atau mengguncangkan keyboard dengan keras.

12. Hati-hati pada saat membuka dan menutup layar laptop. Antara LCD dengan CPU terdapat engsel yang berfungsi agar LCD dapat bergerak bebas sesuai kemiringan dan jarak pandang yang kita inginkan. Pada saat membuka atau menutup LCD, jangan menghentak terlalu keras atau terburu-buru yang dapat menyebabkan engsel patah.

13. Perlakukan baterai dengan benar. Khusus untuk pemakaian baterai pertama kali sebaiknya Anda mengisi dan mengosongkan sepenuhnya sebanyak tiga kali berturut-turut, dan berlaku juga untuk baterai yang lama disimpan atau tidak dipakai berminggu-minggu. Jika menggunakan baterai jenis Ni-MH, Anda harus mengosongkan setiap minggu/bulan sekali. Jika berencana menyimpan laptop dalam jangka waktu lama sebaiknya lepaskan baterai dari laptop. Dan Jangan membiarkan batere terpasang saat menggunakan notebook terlalu lama sambil charging. Biasakan untuk charge baterey notebook dalam keadaan notebook off.

Posting Komentar