Ads (728x90)



DEWAN PIMPINAN DAERAH

LEMBAGA DAKWAH ISLAM INDONESIA
KABUPATEN PASURUAN
Selamat Datang Di Website Resmi DPD LDII Kabupaten Pasuruan


Sebagai bagian dari teknologi informasi, internet mampu menghubungkan seseorang dengan jaringan informasi dunia dan masyarakat global. Kemajuan di bidang teknologi ini sudah sedemikian hebatnya sehingga banyak pakar berpendapat bahwa barang siapa yang menguasai dunia informasi,dia akan menguasai dunia. Hal ini dapat memberikan gambaran bahwa betapa sebetulnya teknologi informasi ini sudah merupakan kebutuhan dunia yang sulit untuk dihindkan dengan segala aspek yang menyertainya.

Tidak ketinggalan pula Lembaga Dakwah Islam Indonesia (LDII) baik secara kelembagaan maupun perorangan juga memanfaatkan media informasi ini sebagai alat mempublikasikan eksistensi LDII kepada masyarakat luas dan memberikan pelayanan-pelayanan kepada para anggotanya melalui website-website yang telah disediakan. Oleh karena itu, LDII juga mempunyai misi untuk menjaga agar moral bangsa khususnya generasi muda agar tetap terjaga dengan menerapkan internet sehat ala LDII.

Telah kita fahami bahwa internet berisi informasi yang begitu melimpah, terlepas apakah informasinya itu benar atau salah, manfaat atau mudhorot, baik atau buruk, negatif atau positif. Maka tameng internet sehatlah yang kita butuhkan untuk menyaring segala informasi sehingga kita bisa mengambil semua yang baik dan sehat dari internet. Adapun kiat-kiat menuju internet sehat ala LDII dalam artikel ini dibagi menjadi dua bagian, yaitu berdasarkan dimensi agama dengan memahami agama, dan dimensi praktis dengan memperhatikan efisiensi.
·    
   Memahamkan Diri dengan Ilmu Agama
Segala dampak negatif dari internet dapat di ditanggulangi dengan cara membekali diri kita dengan kefahaman agama yang kuat. Dengan memperbanyak dan memahami ilmu agama, maka kita menjadi faham dan mempunyai referensi untuk membedakan baik-buruk,  halal-haram, manfaat-mudlorot, benar-salah, dan lain sebagainya. Dengan memiliki kefahaman yang kuat, maka akan ada rasa taku pada diri kita untuk melanggar dan mempunyai daya tahan yang kuat terhadap fitnah dan godaan pelanggaran. Sebagaimana sabda Rasulullah Shollallahu ‘alaihi wasallam: “ Seorang yang faham agama, lebih berat bagi syetan untuk menggodanya daripada seribu orang ahli ibadah (yang tidak fham agama)” (HR. Ibnu Majah)

Selain itu, dengan memperbanyak ilmu, maka akan timbul rasa takut pada hati kita untuk melanggar aturan agama yang telah kita fahami. Dengan berilmu, rasa takwa kita kepada Allah semakin tinggi sebagaimana firman Allah dalam Al-Quran: “ Sesungguhnya yang takut kepada Allah diantara hamba-hambaNya hanya orang yang berilmu(ulama)” ( QS. Fatir: 28)
Dengan kefahaman agama yang kuat kita bisa menghargai waktu dan harta benda sehingga hanya menggunakan untuk kepentingan yang lebih manfaat dan mampu mendahulukan yang penting dan juga meninggalkan hal-hal yang tidak bermanfaat sebagaimana sabda Rasulullah Shollallahu’alaihisalam: “ Kerjakanlah urusan duniamu seakan-akan kamu hidup selamanya dan kerjakan masalah akhiratmu seakan-akan besok kamu akan mati.

      Kiat Menggunakan Internet yang Baik dan Benar
Mengingat pentingnya tameng Internet sehat dalam mengambil manfaat dari teknologi internet, maka kita harus pandai-pandai menyiasati agar bisa efisien dan efektif dalam berinternet dan terhindar dari perbuatan dosa. Berikut kiat-kiat yang bisa di jadikan acuan dalam Browsing, Check E-mail ataupun Chatting:
1.      Rencanakan informasi apa yang dibutuhkan dari internet dan cobalah untuk konsisten karena di internet banyak hal-hal menarik yang membuat kita tidak konsisten dan malah lari mencari yang sebetulnya tidak dibutuhkan
2.      Gunakan internet ketika memang dibutuhkan, misalnya untuk memposting artikel-artikel positif atau untuk mencari maisah lewat internet. Cobalah untuk menahan diri ketika tidak ada tujuan/kepentingan tertentu untuk menggunaka internet.
3.      Buatlah aturan untuk diri sendiri dan tetapilah, yaitu berapa jam ketika harus membuka internet.
4.      Jangan terlalu sering mengecek e-mail karena akan menghabiskan waktu saja. Sebaiknya pisahkan e-mail pribadi dengan e-mail kantor untuk menjaga kepentingan pribadi dan kantor. Usahakan mengecek e-mail pribadi hanya di waktu senggang.
5.      Gunakan program yang dapat menyaring e-mail spam. Jika kita menggunakan e-mail gratis seperti Yahoo, Hotmail dll tidak akan bisa menghindari junk mail yang jumlahnya bisa mencapai puluhan setiap hari. Dengan menggunakan filtering feature, maka waktu kita tidak terbuang dengan memilah-milah junk mail tersebut.
6.      Atur e-mail anda dengan menggunakan folder khusus untuk mail yang khusus sehingga yang ada di inbox hanyalah mail yang sangat penting dan perlu segera direspon.
7.      Hindari mengirimkan e-mail kepada lawan jenis secara pribadi ataupun berchatting, dan biasakan untuk ditembuskan kepada orang yang di anggap faham untuk menjaga terjadinya pelanggaran.
8.      Gunakan identitas yang jelas sehingga penerima e-mail mengetahui persis dengan siapa bicara agar lebih terjaga. Orang yang menyembunyikan identitasnya biasanya memang ada maksud-maksud tersembunyi yang bisa menjebak kita dalam pelanggaran.



Posting Komentar